Gerak Nasti pada Tanaman

Nasti adalah gerak bagian tubuh tumbuhan sebagai tanggapan terhadap rangsangan yang datangnya dari luar. Gerak nasti disebabkan oleh perubahan tekanan turgor didalam sel penyusun tumbuhan. Tekanan Turgor adalah tekanan total molekul air terhadap dinding sel. Jika kadar air sel tinggi maka tekanan turgor kuat, dan sebaliknya.
Gerak Nasti pada Tanaman

Gerak nasti disebabkan oleh perubahan tekanan turgor didalam sel penyusun tumbuhan. Tekanan Turgor adalah tekanan total molekul air terhadap dinding sel. Jika kadar air sel tinggi maka tekanan turgor kuat, dan sebaliknya. 
Nasti meliputi:
  1. Seismonasti (Tigmonasti): adalah gerak bagian tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh rangsang sentuhan atau persinggungan. Contoh : gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) bila terkena sentuhan.
  2. Niktinasti : adalah gerak tubuh tumbuhan karean adanya rangsang intensitas cahaya yaitu gelap atau terang. Gerak ini terjadi karena perubahan tekanan turgor pada pulvinus seperti halnya pada seismonasti. Contoh : gerak menutupnya daun majemuk pada daun Leguminosae pada waktu malam.
  3. Fotonasti : rangsangannya adalah cahaya. Contoh : mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada sore hari.
  4. Thermonasti : gerak nasti karena pengaruh suhu/temperature. Contoh membukanya bunga tulip karena pengaruh temperature (biasa terjadi pada daerah dingin).
  5. Haptonasti adalah gerak nasti yang terjadi pada tumbuhan insektivora yang disebabkan oleh sentuhan serangga. Contoh : menutupnya daun tumbuhan kantung semar dan Venus ketika tersentuh serangga kecil. Jika seekor serangga mendarat di permukaan daun, daun akan cepat menutup. Akibatnya, serangga tersebut terperangkap dan tidak dapat keluar.
  6. Nasti kompleks : Nasti kompleks adalah gerak nasti yang disebabkan oleh beberapa faktor sekaligus yang terkait. Contoh : Gerak membuka dan menutupnya sel penutup pada stomata.

Komentar