Gerak Tropi atau Tropisme pada Tumbuhan

Tropisme adalah gerakan tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang dari luar. Rangsang dari luar yang mempengaruhi gerak tumbuhan ada bermacam-macam. Misalnya cahaya, gravitasi, air atau kelembaban, dan sentuhan atau singgungan, Tropisme meliputi
  1. Fototropi (heliotropi) : adalah gerak bagian tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang cahaya. Apabila gerak tumbuhan tersebut menuju kearah cahaya, berarti tumbuhan tersebut melakukan gerak fototropisme positif. Contoh gerak fototropisme positif adalah tumbuhan biji-bijian yang sedang tumbuh tunas. Apabila gerakan tumbuhan ini menjauhi arah cahaya, maka disebut fototropisme negatif.
    Gerak Tropi atau Tropisme pada Tumbuhan
  2. Geotropi : adalah gerakan bagian tumbuhan karena pengaruh gravitasi (gaya tarik) bumi. Apabila arah pertumbuhan tersebut ke atas, maka termasuk geotmpism negatif. Akan tetapi, apabila arah pertumbuhan menuju kebawah berarti termasuk gerak geotropisme positif. Contoh geotropisme positif adalah pertumbuhan akar yang selalu menuju kebawah atau ke dalam tanah.
    Gerak Tropi atau Tropisme pada Tumbuhan
  3. Hidrotropi : adalah gerak bagian tumbuhan menuju kearah yang basah atau berair. Arah pertumbuhan menuju tempat yang berair disebut gerka hidariotropisme positif. Apabila araah pertumbuhan tumbuhan menjauhi tempat yang berair disebut gerakan hidariotropisme negatif. Contoh hidrotropisme positif adalah arah pertumbuhan ujung akar didalam tanah yang selalu menuju ketempat yang mengandung air.
  4. Tigmotropi (haptotropi) : adalah gerak membelok bagian tumbuhan sebagai akibat persinggungan . Contohnya adalah membelitnya ujung batang dan sulur Cucurbitaceae, sirih.
    Gerak Tropi atau Tropisme pada Tumbuhan
  5. Kemotropi : adalah gerak karena rangsang kimia. Contohnya adalah gerak pertumbuhan akar menuju ke daerah-daerah yang banyak mengandung unsur- unsur hara, gerak berbeloknya ujung akar menjauhi besi yang berkarat didalam tanah, gerak benang sari menuju ke indung telur karena adanya rangsang berupa senyawa kimia yang dikeluarkan oleh indung telur.
    Gerak Tropi atau Tropisme pada Tumbuhan
  6. Reotropisme : adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena rangsang berupa arus air. Contohnya adalah gerak tumbuhan air yang tumbuh searah dengan arus air pada sungai-sungai yang berarus deras.
    Gerak Tropi atau Tropisme pada Tumbuhan


Komentar