PEMBUATAN EKSTRAK PESTISIDA ORGANIK

Bahan Pestisida Organik

Mimba (Azadirachta indica)

Daun mimba mengandung bahan aktif azadirachtin., salanin, nimbenen, dan metllantriol. Pestisida organik mimba efektif untuk mengendalikan ulat, hama pengisap, jamur, bakteri, nematode dan sebagainya.
Pembuatan Pestisida Organik dari daun mimba

Srikaya

Srikaya mengandung bahan aktif annonain dan resin. Pestisida nabati srikaya efektif untuk mengendalikan ulat dan hama pengisap.

Sirsak (Annona muricata)

Daun Sirsak mengandung bahan aktif annonain dan resin. Pestisida nabati daun sirsak efektif untuk mengendalikan hama trip.

Gamal (Glerycidea)

Kandungan bahan aktif daun gamal adalah tanin. Ekstrak pestisida nabati daun gamal efektif untuk mengendalikan ulat dan hama pengisap. Daun gamal dapat digunakan sebagai insektisida jika ditambah dengan minyak tanah dan ditergen. Ekstrak daun gamal tanpa tambahan minyak tanah sangat rendah keefektifannya.

Bahan Pembuatan Pestisida Organik


  1. Daun mimba
  2. Daun sirsak
  3. Daun glerycidea
  4. Daun srikaya

Cara Kerja Pembuatan Pestisida Organik


  1. Blender biasa (tanpa tambahan bahan pelarut, bahan beracun) 100 gram bahan dipotong kecil- kecil + 300 ml air, kemudian diblender halus. Simpan dalam gelas, biarkan 48 jam. Cara kerja ini diulang 3X (untuk bahan formulasi cair, tepung dan butiran)
  2. Blender + pelarut ethanol 100 gram bahan dipotong kecil- kecil + 5 ml ethanol + 300 ml air, kemudian diblender sampai halus. Simpan dalam gelas, biarkan 48 jam. Cara kerja ini diulang 3X (untuk bahan formulasi cair, tepung dan butiran)


PENGAMATAN FISIK

Hasil ekstrak diamati sambil disaring lagi Dibuat 3 macam formulasi:

Formulasi Cair 

Dari hasil ekstrak 400 ml langsung dimasukkan ke dalam botol dan diberi label lengkap. Isi label:

  • Nama bahan
  • Konsentrasi
  • Bahan pelarut
  • Waktu dibuat
  • Volume/ berat 7
  • Cara aplikasi
  • Target OPT

Formulasi Tepung

Hasil ekstrak 400 ml dicampur dengan 100 gram tepung zeolit, diaduk sampai rata, dikering anginkan atau di hair dryer, sesudah kering baru dipak/ dibungkus dengan plastic, kemudian dimasukkan dalam dus dengan diberi label.

Formulasi Butiran

Hasil ekstrak 400 ml dicampur dengan 100 gram pasir diaduk sampai rata, kering anginkan kemudian dibungkus dengan plastic, dimasukkan ke dalam dus & diberi label.

APLIKASI KE OPT

Perlakuan pestisida terhadap hama ulat dalam pot untuk formulasi cair (dengan cara penyemprotan), formulasi tepung (dengan cara penyiraman) dan formulasi butiran (dengan cara penaburan). Pengamatan dilakukan setiap 2 hari sekali, sampai dengan hari ke-14.

Komentar