Tumbuhan Adalah Makhluk Hidup

Setiap makhluk hidup yang diciptakan Allah akan memperlihatkan ciri-ciri kehidupan. Makhluk hidup yang meliputi manusia, hewan (fauna), dan tumbuhan (flora). secara umum mempunyai ciri-ciri yang sama. Pada makhluk hidup yang ber sel banyak, ciri kehidupannya tampak nyata, yaitu antara lain melakukan respirasi, membutuhkan zat makanan, tumbuh dan berkembang biak, peka terhadap rangsangan dari luar, adanya proses fisiologis dalam tubuhnya, berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Namun demikian dalam mekanismenya atau proses fisiologis dalam tubuhnya dapat terjadi perbedaan antara makhluk hidup yang satu dengan lainnya.


(30) Dan bumi sesudah itu diha-mparkan-Nya. (31) Ia memancarkan daripadanya mata airnya, dan (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya. (QS An Naazi'aat : 30-31)
 (63) Maka terangkanlah kepadaku tentang yang kamu tanam. (64) Kamukah yang menumbuhkannya atau Kamikah yang menumbuhkannya? (65) Kalau Kami kehendaki, benar-benar Kami jadikan dia hancur dan kering, maka jadilah kamu heran dan tercengang. (66) (Sambil berkata): "Sesungguhnya kami benar-benar menderita kerugian", (67) bahkan kami menjadi orang-orang yang tidak mendapat hasil apa-apa. (QS Al Waaqi'ah : 63-67)
Sebagai makhluk hidup, tumbuhan juga melakukan proses metabolisme dalam tubuhnya. Demikian juga tumbuhan akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan, hingga sempurna satu siklus hidupnya. Segala proses dan peristiwa yang terjadi dalam tubuh tanaman perlu difahami untuk keperluan pengelolaan usaha pertanian. Harus diperhatikan pula kebutuhan-kebutuhannya agar kehidupan tanaman bisa berlangsung dengan baik, tidak kekurangan makan, tidak sakit, dapat tumbuh optimal, dapat berkembangbiak untuk menjaga kelangsungan keberadaan varietasnya, serta memberikan hasil yang baik.
Sebagai makhluk hidup, tumbuhan memperlihatkan ciri-ciri kehidupan sebagai berikut:
1. Bernafas (Respirasi)
2. Bereaksi terhadap rangsangan (Iritabilitas) dan Bergerak
3. Memerlukan makan (Nutrisi)
4. Tumbuh
5. Berkembang biak (Reproduksi)
6. Mengeluarkan zat sisa (Ekskresi)
7. Memiliki sistem transpor dalam tubuhnya
8. Melaksanakan Metabolisme
9. Adaptasi
10. Berinteraksi
11. Bertasbih dan Bersujud kepada Allah SWT


Baca Juga: Respirasi Tumbuhan (Part 1)

Komentar